21 Agustus 2008

A Thought About WASD

Hari ini gw lagi rada males ngebahas tentang game nih. Tapi waktu main World of Warcraft barusan gw kepikiran tentang WASD. Tau dong maksudnya apa? Kalau bagi yang pemain First-Person Shooter (FPS) pasti taulah. WASD tuh tombol yang dipakai untuk gerakan (W: maju, A: kiri, S: mundur, D: kanan). Dulu waktu pertama kali gw maen game di komputer (zaman Apple ][ sekitar taun 1982-an) masih pake A: atas, Z: bawah, dan tombol panah kanan & kiri (soalnya Apple ][ gak punya panah atas & bawah, culun yah hehehe). Gw masih inget banget nama game-nya Star Blazer. Setelah itu ada game yang namanya Sabotage yang mulai menggunakan tombol IJKL (I: atas, J: kiri, K: bawah, L: kanan).


Star Blazer (Game Favorit Zaman A Z <- ->)



Sabotage (Mulai Masuk Zaman IJKL)


Gw sendiri mulai mengenal tombol panah 4 arah ya sejak pakai IBM PC Compatible. Yang seru tuh waktu pertama maen Wolfenstein 3D. Gw liat game ini di pameran komputer di Jakarta Fair kalo gak salah. Pertama kali ngeliat lumayan terbengong-bengong, maklum deh pertama kali liat game FPS. Setelah itu mulai deh masuk ke eranya Doom (seinget gw Doom punya control bisa di-mapping sesuai yang kita mau).


Wolfenstein 3D (Mulai Tombol Panah 4 Arah)



Doom (Map Your Own Keys)


Abis itu baru deh murni zamannya WASD dengan Quake, tapi baru bener2 niat mainnya di Counterstrike. Dan ternyata memang komposisi tombol WASD itu adalah yang terbaik untuk game FPS. Third-person view juga ada yang pake WASD sih, contohnya World of Warcraft. Gw sempet baca juga bahwa kalau orang yang kidal maka akan lebih suka setting-an IJKL, karena IJKL dengan WASD itu cara peletakannya sama (bedanya WASD lebih cocok untuk right-handed karena kita biasa pegang mouse dengan tangan kanan).


World of Warcraft (MMORPG Paling Ngetop Juga Pake WASD)



NB: Kalo ada yang maen WoW di server Dalaran, cari Maling atau Aribeth yah:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar