24 Agustus 2008

Bandit Kings of Ancient China

Para gamer pasti sudah mengenal Koei dong? Itu loh, yang bikin Dynasty Warriors & Samurai Warriors. Nah waktu dulu di tahun 90-an Koei terkenal dengan beberapa game genre strategi antara lain Romance of the Three Kingdoms (Sam Kok), Genghis Khan, dan Nobunaga's Ambition. Ada satu game yang jarang disebutkan tapi cukup seru dimainkan adalah Bandit Kings of Ancient China (BKAC) yang saat ini mungkin lebih dikenal sebagai Suikoden dan kalo gak salah di Gramedia ada buku serinya juga. Gw sendiri main game Koei pertama kali ya BKAC ini waktu sekitar kelas 2 SMP.


Title Screen (Versi EGA)


Jalan cerita BKAC ini mengambil setting di abad 12 China kuno. Di masa itu kaisar tidak berdaya terhadap perdana menterinya yang jahat bernama Gao Qiu. Di saat ini pula banyak sekali jagoan (kadang disebut hero, ada yang sebut bandit), yang terkenal jumlahnya 108. Waktu kita mulai main akan memilih salah satu jagoan dari 108 itu (pilihannya sih cuma 5 yang terkenal, lihat screenshot di bawah).


Pilih Jagoanmu (Di Gramedia Ada Jual Buku Komik Tiap Heronya)


Gameplay BKAC ini mirip seperti Sam Kok yaitu turn-based strategy game. Tujuan utama kita adalah mengumpulkan popularitas dengan memperluas teritori kita. Jika kita sudah mencapai kepopuleran tertentu maka kaisar akan mengeluarkan imperial edict (perintah kerajaan) sebagai wewenang kita untuk menyerang Gao Qiu. Di dalam game ini kita memiliki banyak perintah antara lain berburu, meningkatkan ketahanan kota, melatih pasukan, menyerang kota lain, merekrut jagoan, sampai mengangkat saudara dengan jagoan lain (supaya tingkat kesetiaannya tidak akan turun lagi). Salah satu kekurangan dari game ini adalah setiap perintah akan memakan waktu satu bulan dan meskipun kita memiliki banyak jenderal dalam suatu daerah tetap memakan satu bulan. Selain itu, kalau sampai tahun 1127 AD kita masih belum berhasil menaklukkan Gao Qiu maka game akan berakhir karena China akan diserang oleh Mongolia di tahun tersebut (game ini sendiri dimulai di tahun 1101 AD).

Tampilan Utama Dalam Game



Dalam pertempuran kita bisa menggunakan beberapa strategi antara lain menggunakan panah, magic (kalau kepintaran kita tinggi), dan kita bisa mengajak duel dengan jenderal musuh. Yang harus selalu diingat adalah pasukan kita harus selalu dilatih sampai maksimum dan sebisa mungkin kita maksimalkan tingkat persenjataannya. Selain itu lebih baik mengumpulkan 100 pasukan di bawah komando 1 orang daripada 20 pasukan di bawah komando 5 orang (dalam game ini sentralisasi lebih baik daripada distribusi).


Tampilan Screen Saat Perang

10 komentar:

  1. hi Yudha,

    saya handoko di prabumulih, mau tanya dong, Anda masih punya game pcnya? bisa bantu beli dimana? thanks

    best wishes,
    handoko

    BalasHapus
  2. Halo Handoko,
    Sori baru bales, baru baca soalnya.
    Saya punya gamenya dlm format zip.
    Kalau mau bisa saya email.

    BalasHapus
  3. saya main game ini tahun 1994
    saya sudah memainkan semua good fellow dan scenario apapun

    paling cepat cuma 2 pilihan, yaitu main pakai Song Jiang di scenario 4, atau pakai Shi Jin di scenario 2.

    Rekor tercepat dapat imperial eddict tahun ke 7 dan tamat tahun ke 9

    BalasHapus
  4. oh ya
    saya punya cukup banyak game KOEI
    - Bandit Kings
    - L'empereur
    - Genhis Khan
    - Nobunaga Ambition
    - Romance 2
    - Romance 3
    - Romance 4
    - Unchartered Water

    kalo ada yg mau kontak aja boristhehack@g*ail.com

    BalasHapus
  5. Trims atas tawarannya bro, BTW saya juga kumpulkan hampir semua game DOS yang pernah terbit di Indo sejak dulu (total sudah hampir 550 game). Untuk Koei saya suka Romance III & Uncharted Waters. Genghis Khan & Nobunaga rada stres mainnya hahaha

    BalasHapus
  6. Halo tahu ngak secret dari game ini? Yaitu mendirikan gunung, mendirikan sungai, dan mendirikan tembok besar

    Untuk mendirikan gunung, kita cukup menguasai wilayah 10 dan 11

    Untuk mendirikan sungai, kita harus menguasai satu garis di wilayah selatan China. Aku lupa propinsi nomor berapa saja dan bagaimana kondisinya, tapi aku dulu berhasil membuat sungai

    dan mendirikan tembok besar.... Ini yang jadi masalah. Aku ngak pernah berhasil melakukannya. Menurut rumor yang aku dengar dulu, bila berhasil mendirikan tembok besar, saat pasukan barbar datang dari utara kita tidak akan game over.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? Wah info baru nih, tampaknya perlu dicoba. Makasih masukannya:)

      Hapus
    2. sori, untuk gunung bukan no. 10 dan 11, tapi 10 dan 20.

      Hapus
  7. boleh donk om, bagi games nya,eka_stick@yahoo.com btw thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai bro Yudha dll..boleh minta file nya BKAC dan uncharted water? Beberapa kali DL dari berbagai website tidak berhasil, my email budianto.tjang@ymail.com. Apakah BKAC bisa dimainkan dengan Dosbox 0.74? Many thanks

      Hapus