17 Agustus 2008

DOSBox (Emulator Buat DOS)

Post pertama di blog ini akan mengulas tentang DOSBox. Bagi para pemain game yang saat ini berusia antara 20-an akhir sampai 30-an awal pasti kenal dong dengan yang namanya game DOS (King's Quest, Monkey Island, Leisure Suit Larry, Wing Commander, Prince of Persia, Ultima, Gabriel Knight, Romance of the Three Kingdoms, Might & Magic, SimCity, Test Drive, X-Com, the list goes on and on...)? Kalau sekarang ini mau main apa2 di Windows tinggal masukin CD, klik next next next atau "I Agree" dan voila... game sudah ter-install dan siap dimainkan (bahkan folder dan/atau shortcut sudah disiapkan di desktop). Nah kalau jaman dulu mau main game harus minimal mengerti manajemen directory (baca: folder) dan tentang konfigurasi dasar sebuah PC. Di sinilah pengertian mengenai DOS memegang pengaruh besar. Coba bayangkan, mau instalasi game saja harus buat folder sendiri, set up file CONFIG.SYS (isinya konfigurasi mengenai memori, buffer, stack, bla bla bla) dan AUTOEXEC.BAT (merupakan batch file yang kalau jaman Windows mungkin dikenal sebagai folder Startup), serta settingan soundcard. Tapi gw rasa kalau dulu nggak pernah main game DOS sampai sekarang juga kalau mau troubleshooting system low-level juga gak bisa. BTW kok gw jadi ngalor ngidul gini yah, let's get down to business, shall we?

NOTE: instruksi di bawah ini gw tulis dengan asumsi kawan2 adalah pengguna DOS level intermediate.


Startup screen DOSBox

OMG, KING'S QUEST!!!!!

DOSBox itu adalah emulator DOS yang bisa kita install di Windows, Linux, ataupun Mac OS X. Tapi versi yang akan gw kupas di sini adalah versi Windows. DOSBox ini dapat meng-emulasi CPU jenis 286, 386 real-mode/protected-mode, EMS/XMS, grafis CGA/EGA/VGA, soundcard AdLib/SoundBlaster/Roland. Kita tinggal download saja di http://www.dosbox.com/ lalu install. Selesai instalasi kita atur konfigurasi filenya yaitu terletak di C:\Program Files\DOSBox-0.72\dosbox.conf

Dalam file tersebut kita bisa set apakah mau full-screen atau tidak, ukuran dan jenis memori, speed CPU, setting soundcard dan videocard sampai dengan joystick dan network connectivity (serial atau IPX). Setelah selesai kita ubah konfigurasinya maka tinggal kita jalankan programnya. Hal pertama yang kita harus lakukan adalah mounting direktori. Maksud dari mounting ini adalah memetakan folder dalam PC kita agar dapat diakses oleh DOSBox. Misalnya game kita di-unzip ke folder C:\Temp maka kita dapat memetakan folder tersebut sebagai drive C dengan command "mount c c:\temp". Setelah itu kita dapat pindah ke drive C dengan command "c:" dilanjutkan dengan "dir/w" untuk melihat isinya. Kemudian kita bisa mulai meng-install game seperti halnya meng-install di DOS.

PS: DOSBox ini tidak hanya melulu untuk game and the truth is... gw aja install DOSBox ini di kantor gw untuk menjalankan program akunting yang versi DOS di Windows Vista (saking canggihnya Windows sampai aplikasi DOS udah gak bisa dipake, makanya butuh emulator).

5 komentar:

  1. Mas, aku berhasil mendownload dosbox, dan berhasil memainkan L'empereur dari KOEI, Game Jadul zaman SMP gue dulu. Cuma yang gue agak kuciwa, gamenya Ok, suara dan gambar Ok, tapi nggak bisa di save. Emang permainan di DosBox tidak bisa disave atau hanya beberapa saja, begitu atau kalau bisa apakah bisa di oprag-opreg biar bisa ngesave?
    mohon pencerahan.

    trims
    -sutanegara-

    BalasHapus
  2. Bung Sutanegara,
    Saya sempet coba l'Empereur dan saya bisa save & load kok. Di game Anda ada file SAVEDATA tidak? Kalau belum ada, coba pilih option Create A Save Disk (pilihan ke-3 di intro). Nanti akan terbentuk file SAVEDATA, baru Anda bisa save game. Selamat mencoba.

    BalasHapus
  3. saya mendownload L'empereur itu dari situs abandonia, di game itu sudah ada file savedata-nya, ketika saya cek di dosbox, ternyata sudah dari sananya sudah ada yang mensave permainan itu (Amsterdam, 1806), ketika saya mencoba mensave atau menghapus yaang sudah disave dari sananya, tidak bisa, lalu saya coba mencoba Create A save Disk, ternyata tidak bisa juga.
    Saya coba dengan cara menghapus file Save data, ternyata ketika di Create A save data, malah dibilang wrong disk.
    Dan saya berusaha menginstall game itu ke Hard disk juga, tapi sepertinya perintah file instal-4. exe tidak berjalan dan dsebut current drive doesn't exist. (apakah game ini juga bisa diinstal langsung ke hard disk?)

    Apakah game yang mas Download berasal dari situs yang berbeda? atau bagaimana? mohon pencerahannya, dan sorry menganggu, karena, memang diantara game jadul saya memang paling demen sama L'Empereur.

    Trims
    -Sutanegara-

    BalasHapus
  4. sorry, ada yang ketinggalan, atau mas punya kiat khusus saat menginstal game tersebut karena bukan hanya L'empereur nggak bisa disave tapi juga nobunaga ambition juga nggak bisa?
    (maksudnya cara-cara instal, ekstraksi atau sebagainya)?

    makasih
    -sutanegara-

    BalasHapus
  5. Bagi yang mencoba mendownload game tapi ternyata tidak jalan atau tidak bisa save, coba download lagi dari tempat yang lain. Try the links I provide. Mungkin paling bagus XTC Abandonware atau Independent Software.

    BalasHapus