27 Agustus 2008

SimCity

Bagi gamer di zaman tahun 2000-an pastinya kalau mendengar game yang mengandung kata "Sim" di dalamnya akan langsung ingat dengan The Sims. Nah SimCity ini merupakan nenek moyang dari The Sims. Dapat dikatakan bahwa SimCity adalah game yang turut memelopori lahirnya genre simulation. Dirancang oleh Will Wright dari Maxis (kini merupakan bagian dari Electronic Arts), game ini diterbitkan di tahun 1989. Gw sendiri tahu tentang game ini dari majalah Computer Gaming World (CGW) waktu itu. Di dalam CGW terdapat Hall of Fame atau daftar game terbaik dan SimCity seinget gw menduduki posisi 5 besar (waktu itu juara pertama dipegang oleh Wasteland, mungkin akan gw bahas di lain waktu).


Title Screen SimCity DOS (EGA Version)


SimCity dipasarkan bukan hanya dalam format DOS, tetapi juga sempat dikonversi ke format SNES, Amiga, Commodore 64, Atari ST, bahkan Linux, Symbian, & Java. Yang gw bahas di artikel ini adalah versi DOS untuk monitor EGA (CGA juga bisa, tapi hitam-putih saja). Tujuan dari game ini adalah membangun kota simulasi tanpa tujuan akhir (kecuali dalam permainan skenario).


Kota Yang Masih Kosong


Kota Yang Sudah Dibangun


Membangun kota dari nol ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan (yang jelas kita sudah diberi modal awal). Yang sulit adalah mempertahankan kota kita agar tidak ditinggalkan orang yang berakibat pada habisnya kas kita. Kuncinya adalah peribahasa "besar pasak daripada tiang", jangan menghabiskan dana untuk pengeluaran yang tidak perlu (kecuali dalam rangka investasi dan kita memang yakin akan ada hasilnya). Misalnya, kita jangan membangun airport di awal2 permainan, mungkin justru kita harus memperbanyak perumahan dan daerah industri. Pembangkit listrik juga kita pilih yang bertenaga batu bara dulu, nanti kalau kas sudah kuat baru beli yang bertenaga nuklir.


Kita Bakal Dinilai Oleh Rakyat (Di Indo Kapan Bisa Transparan Begini Yah?)


Layar Penganggaran (Kelihatan Simple Tapi Tidak Sesederhana Itu)


Kunci dari kesuksesan kita dalam SimCity adalah tata kota, penganggaran, dan perpajakan. Kalau ketiga hal ini bisa kita seimbangkan maka kas kita pasti bertambah. Sebenarnya SimCity edisi pertama ini masih jauh lebih mudah dimainkan karena di edisi ke-2 dan seterusnya kita harus memikirkan tingkat kriminalitas, polusi udara, kemacetan, pendidikan, dsb. Overall, gw nilai game ini memang merupakan salah satu pembuat terobosan baru dalam dunia industri game PC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar