31 Agustus 2008

Prince of Persia

Anyone still remember Prince of Persia? Game ini dibuat oleh Jordan Mechner (pencipta game Karateka, kalau ada yang pernah main) dan di-publish oleh Broderbund di tahun 1989. Gw pertama kali main game ini waktu baru masuk SMP. Waktu itu juga versi yg gw mainkan masih versi CGA dan waktu pertama kali memainkan versi VGA sampe terpesona dengan grafiknya yang sangat mulus (untuk ukuran zaman SMP tentunya).


Opening Title Screen


Di dalam game ini tujuan akhir kita adalah menyelamatkan puteri sultan dari Jaffar (kenapa kalo topik 1001 Malam, contohnya Aladdin, penjahatnya sering menggunakan nama ini yah?). Kita hanya diberi waktu 60 menit untuk mencapai sang puteri. Yang bikin repot adalah 60 menit itu bukan game time tapi real time. Dalam 60 menit itu kita harus melalui 12 stage yang ada.


Kawin Paksa Atau Mati (Pikir Baik2 Dalam 60 Menit!)


Kontrol game ini juga sangat simple yaitu hanya menggunakan directional button dan tombol Shift. Tombol Shift ini adalah multi-fungsi, bisa untuk berjalan hati2 (menghindari perangkap), memakai pedang, dan bergelantungan. Di awal game kita hanya diberi 3 poin energi yang bisa ditambah seiring meningkatnya stage yang kita lalui (dalam bentuk botol ramuan).


En Garde!


Yang cukup inovatif di masa itu adalah penggunaan copy-protection dalam bentuk pilihan ramuan untuk membuka pintu. Jadi kita harus memilih ramuan yang benar (dengan mencocokkan halaman dari buku manual) dan kalau kita salah minum akan game over.


Auw!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar