22 Agustus 2008

5P of Blogging

Malem ini sebenernya gw lagi males nulis apa2, tapi tadi siang waktu pas lagi diskusi tentang marketing gw teringat sama marketing mix atau yang dikenal dengan 4P (Product, Price, Place, & Promotion) yang di-propose oleh Jerome McCarthy dan dipopulerkan oleh Philip Kotler (dewa-nya marketing). Dalam beberapa hari terakhir ini, gw sempet berpikir tentang blog dan tentang semua website yang pernah gw kunjungi sejak membangun blog ini (biasalah, nyari cara untuk bisa menarik pengunjung ke blog ini). Dan gw sempat berpikir tentang hubungan antara marketing mix dan blogging (there's got to be some kind of relationship between these two).

Akhirnya gw berkesimpulan bahwa ada juga 4P, well sebenarnya malah 5P dalam dunia blogging (sebenernya sih kesimpulan ini adalah sejauh pengalaman gw nge-blog yang masih seumur jagung). 5P ini adalah Passion, Perseverance, Proficiency, Popularity, & Profitability. Mari kita ulas satu-persatu:

  1. Passion: sebenarnya sulit untuk mendapatkan terjemahan yang berarti dari kata ini. Kalau kita baca di kamus maka yang ada "nafsu, gairah, semangat". Tapi menurut gw passion itu lebih dari sekedar semangat. Tapi pada intinya adalah bahwa kita harus melakukan sesuatu dengan sepenuh hati agar bisa berhasil (termasuk juga blogging). Sebagai contoh, gw pilih nge-blog dengan tema game baheula karena passion gw ya memang di retro/classic gaming. Jadi bermodalkan passion ini maka gw bisa lebih menghayati dalam menulis artikel dalam blog ini.
  2. Perseverance: nah kata yang satu ini juga agak sulit gw terjemahkan dengan mendalam di bahasa Indonesia. Yang jelas pada dasarnya artinya adalah ketekunan. Dengan bermodalkan tekad yang sepenuh hati (passion) maka akan mengarah pada ketekunan kita dalam berkarya (dalam konteks ini ya blogging). Mungkin sifat ini bisa digabung dengan passion, tapi gw merasa bahwa kadang2 ada orang yg punya passion tapi tidak memiliki perseverance.
  3. Proficiency: kalau yang ini nggak terlalu susah terjemahinnya. Proficiency artinya keahlian atau keterampilan. Dengan passion + perseverance akan melahirkan proficiency, dalam konteks ini misalnya teknik penulisan yang makin berbobot, design layout yang lebih menarik, search engine optimisation yang lebih efektif, dll.
  4. Popularity: ini sih gampang ditebak, yaitu kepopuleran. Dengan adanya 3P di awal tadi maka cepat atau lambat tentu blog kita akan mulai dikenal dan dikunjungi orang. Dan ini pada akhirnya akan bermuara ke...
  5. Profitability: ini sih semua orang pasti udah ngerti, yaitu kemampuan untuk menghasilkan keuntungan. Dan ini menurut gw adalah tahapan yang terakhir dalam blogging (kalau ingin orientasinya menuju ke profit tentunya).
Tentu saja 5P tersebut di atas masih jauh dari sempurna, tapi at least gw udah menuangkan sedikit wacana untuk didiskusikan lebih lanjut. Bagi teman2 yang ingin menuangkan ide, silakan memberikan feedback terhadap artikel ini:)

1 komentar: