18 Agustus 2008

Fusion (Emulator Buat Sega)

Sega... trademark satu ini pasti dikenal oleh kawan2 semua (Sonic anyone?). Bermula dari tahun 1940 yang nama awalnya adalah Standard Games (kemudian berubah menjadi Service Games), perusahaan ini menyediakan game arcade untuk para tentara AS yang ditugaskan di Hawaii (berarti sebelum masa Pearl Harbor). Di tahun 1952, nama perusahaan ini berubah lagi menjadi Service Games of Japan yang kemudian disingkat menjadi Sega. Sega sendiri mengeluarkan beberapa jenis console yaitu di antaranya Master System (gw dulu pas SD sempet bingung mau beli ini atau Nintendo), Genesis (kalo di Indo lebih dikenal dengan Mega Drive), Saturn (gw gak tau ini di Indo sempet ngetop gak, karena kayaknya kalah bersaing dengan PlayStation), dan terakhir Dreamcast (kalah saingan juga dengan PlayStation 2).


Bentuknya Cukup Futuristik Yah? (Untuk Ukuran Zaman Dulu)


Di topik kali ini gw mau review sedikit tentang emulator yang namanya Fusion. Aplikasi yang satu ini awalnya adalah emulator untuk console Master System & Genesis saja. Tapi setelah mengalami update sampai versi terbarunya juga sudah mendukung Game Gear (portablenya Sega), Mega CD, dan juga 32X (32X ini dulu adalah add-on Genesis untuk bersaing dengan PlayStation sebelum Saturn rampung dan berakhir dengan nasib tragis juga yaitu kalah bersaing dan dilupakan di pasaran). Eniwei, back to Fusion. Canggihnya Fusion ini juga adalah kemampuannya untuk netplay yaitu memainkan game antar network. Jadi meskipun player 1 dan player 2 terpisah, asalkan ada koneksi network maka bisa multiplayer. Fusion ini sendiri bisa di-download di http://www.eidolons-inn.net/tiki-index.php?page=Kega

Untuk memainkan game di Fusion umumnya tidak sulit (yang penting ngerti basic Windows dan Inggris dikit2 sudah memadai), hanya game 32X yang butuh BIOS agar bisa dijalankan. Berikut di bawah ini adalah beberapa screenshot dari Fusion.


Tampilan Fusion Sewaktu Idle (Sebelum Load Game)

Siapa Sih Yang Gak Kenal Sama Sonic The Hedgehog?

2 komentar:

  1. Jen (your cous) ^^25 Agustus, 2008 10:57

    OMG!!! sonic!!!!!
    Uda brp lm ga liat ie screen title or maen gameny..
    The best sonic!, I think, compared to yg skrng2 e...

    BalasHapus
  2. Hehehe jadi kangen ama masa lalu yah Jen? Sekarang mah semua udah 3D, 2D udah hampir punah:)

    BalasHapus