24 Agustus 2008

Centurion: Defender of Rome

Sore ini gw mo ngebahas tentang game strategi lagi. Kalo tadi pagi gw ngulas tentang Bandit Kings of Ancient China buatan Koei, maka kali ini gw akan nulis tentang Centurion: Defender of Rome bikinan Electronic Arts yang diterbitkan di tahun 1990. Game ini merupakan game VGA pertama yang gw mainkan. Setau gw game ini malah tidak mendukung CGA sama sekali (EGA mungkin masih bisa) dan setiap kali gw mau main game ini harus mampir ke kantor bokap dulu (itupun hanya ada 1 PC yang monitornya VGA, jadi harus nunggu orang istirahat atau pulang kerja baru bisa main huhuhu).


Opening Screen


Game ini dimulai pada tahun 275 BC (sebelum masehi maksudnya) dan kita merupakan tentara yang baru memulai karir sebagai legiuner (prajurit biasa, kalo suka baca Asterix pasti ngertilah). Tujuan utama dari game ini adalah menguasai seluruh wilayah yang ada dalam peta (seluruh Eropa Barat hingga ke Mesir). Dalam petualangan kita menjajah negara musuh dapat menggunakan berbagai teknik, dari serangan frontal (paling sering dilakukan) sampai dengan diplomasi (kita bisa merayu Cleopatra lho!).


Peta Utama Wilayah Dalam Game



Wah Sedang Ada Kerusuhan Di Roma Nih!



Perintah yang dapat kita berikan dalam game antara lain adalah menyerang (ya jelaslah), mengatur pasukan, mengumpulkan pajak, mengadakan pertandingan, dan membuat kapal laut. Kita dapat merekrut pasukan dari Roma atau dari salah satu koloni kita. Dalam rekrutmen pasukan ini tingkat kehebatan pasukan kita ditentukan dari courage wilayah mana kita rekrut mereka (kalau dari Roma biasanya berani2, kalau dari koloni kecil berkisar antara berani sampai pengecut). Lalu kita dapat memilih akan membentuk pasukan infanteri (prajurit semua), kavaleri (prajurit plus kuda), atau konsuler (prajurit plus kuda plus gajah!). Sebelum menyerang kita dapat memberi ultimatum atau menawarkan mereka menjadi koloni kita (biasanya sih ditolak mentah2 kalau pangkat kita masih rendah). Dalam perang kita dapat memilih formasi pasukan, dari frontal hingga formasi mengurung (kurung kiri atau kanan). Dalam pertempuran sebisa mungkin kita bunuh pimpinannya (biasanya naik kuda sendirian) terlebih dahulu karena akan menurunkan moral musuh dan biasanya sebagian besar pasukannya akan mundur.


Wah Udah Di-Ultimatum Masih Ngeyel Yah


Tipikal Formasi Serangan Frontal


Setelah kita memenangkan pertempuran maka kita dapat mengatur tingkat pajak di koloni kita tersebut (setting-nya berkisar dari tidak ada pajak sampai dengan perampokan rakyat). Sangat tidak dianjurkan untuk merampok rakyat karena akan menurunkan tingkat kesetiaan mereka dan negara tetangga tidak akan mau diajak bernegosiasi nantinya. Satu aspek dari game ini yang menarik adalah kita bisa mengadakan pertandingan (tidak perang melulu kerjanya). Pertandingan yang dapat diadakan ada 2 jenis yaitu gladiator dan lomba kereta kuda (a la Ben Hur). Dengan mengadakan pertandingan ini kita akan meningkatkan tingkat kesetiaan rakyat dan khusus lomba kereta kuda kita bisa menambah pundi2 uang kita melalui judi (tapi gw kalah melulu tuh).


Sebelum Lomba Kita Harus Bangun Colloseum Dulu


Spartacus Versus Macan (Kok Putih Yah? Padahal Bukan Di Kutub Utara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar