24 Agustus 2008

Airborne Ranger

Airborne Ranger ini adalah game pertama yang gw beli, masih inget banget di Blok M & harganya waktu dulu sekitar 4000 perak aja (so pasti bajakanlah, dulu di Indo mana ada yang asli hehehe). Game ini sendiri adalah buatan MicroProse (masih inget ulasan gw tentang F-117A kan?). Game ini sangat inovatif untuk ukuran tahun 1988 karena kita bisa membuat karakter dengan karir militernya. Jadi dalam perjalanan karir kita bisa naik pangkat dan mengumpulkan banyak medali. Yang canggihnya lagi kalau karakter kita tertangkap, maka kita dapat membebaskannya dengan misi pembebasan tawanan.


Opening Screen (Versi EGA)


Game ini dimulai dengan pilihan misi. Misi yang dapat dipilih lumayan banyak, ada sekitar 12 misi (yah itung2 selusinlah:P). Jenis misi ini sendiri terdiri dari penghancuran instalasi musuh, mencuri buku rahasia musuh, menyabot peralatan musuh, membebaskan tawanan perang, dan memotret pesawat rahasia musuh.


Screen Pilihan Misi (Cukup Banyak Untuk Ukuran Tahun 1987)


Detail Dari Misi Yang Kita Pilih (Pake Continuous Form Pula)


Setelah kita selesai memilih misi maka kita harus memilih persenjataan kita. Senjata2 tersebut terdiri dari senapan Carbine, granat tangan, kotak P3K, bom waktu, dan roket anti-tank. Kita juga harus pintar2 mengatur kapasitas perbekalan kita karena kita tidak bisa seenaknya memasukkan, misalnya, 10 roket ke dalam tas. Setelah selesai kita mengatur tas perbekalan maka kita akan naik pesawat memasuki daerah musuh. Kita bisa men-drop 3 tas perbekalan untuk kita ambil kemudian (jangan di-drop dekat bunker musuh karena akan hilang), setelah itu kita akan terjun dengan parasut (jangan coba2 terjun ke ladang ranjau:P).


Kayak Mau Belanja Di Supermarket Aja (Shopping Anyone?)


Siap-Siap Untuk Terjun Bebas


Saat melaksanakan misi, kita bisa memilih untuk menggunakan cara perang konvensional (tembak semua musuh) atau bisa dengan taktik mengendap-endap (Metal Gear anyone?). Untuk tidak menarik perhatian musuh kita bisa menggunakan pisau untuk membunuh musuh dan kalau kita bunuh mereka di dalam ruangan maka kita bisa mengambil seragam mereka untuk menyamar. Dan yang harus selalu diingat bahwa di setiap misi ada batas waktu (600 detik atau 10 menit). Kalau waktunya habis dan kita tidak berada di tempat di mana helikopter kita menjemput, maka kita akan ditinggal dan jadi tawanan perang. Game ini dulu sangat gw rekomendasikan ke temen2 gw untuk dicoba dan rata2 mereka pada ketagihan sih hehehe:P


Norak Amat Tuh Baju, Masak Tanahnya Kuning Bajunya Ijo (Bad Camouflage)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar