25 Agustus 2008

Pac-Man

Pac-Man, siapa sih yang nggak kenal dengan game yang satu ini? Bagi gamer yang masa aktifnya di sekitar tahun 80-an so pasti kenal banget. Bahkan sampai saat ini pun Pac-Man masih dianggap sebagai salah satu maskot industri videogame. Bahkan banyak literatur atau website yang memasukkan Pac-Man sebagai "top ten videogames of all time". Game ini sendiri dibuat oleh Namco di tahun 1980 dan judul awalnya saat itu adalah Puck-Man (tau sendirilah kenapa kok diganti jadi Pac-Man^^).


Title Screen Pac-Man


Gameplay Pac-Man ini sangat simple yaitu memakan semua titik yang ada di layar sampai habis sambil menghindari hantu2. Dari titik yang harus dimakan terdapat 4 power-up yang kalau dimakan akan memberi Pac-Man kemampuan untuk memakan hantu2 tersebut. Hantu yang dimakan akan kembali ke rumah hantu di tengah layar permainan. Hantu2 tersebut juga memiliki nama sesuai warna mereka; merah: Blinky/Oikake, pink: Pinky/Machibuse, biru: Inky/Kimagure, oranye: Clyde/Otoboke. Selain titik dan power-up juga terdapat bonus item dalam bentuk buah-buahan seperti cherry, strawberry, jeruk, dan apel.


Tipikal Layar Permainan Pac-Man


Rekor nilai tertinggi Pac-Man dipegang oleh Billy Mitchell dari Amerika dengan total angka 3.333.360 dan dicapai dalam waktu main 6 jam. Level tertinggi dari Pac-Man adalah level 255 karena terdapat error programming di level 256. Pac-Man juga tampil dalam berbagai edisi antara lain Ms. Pac-Man dan Super Pac-Man. Ms. Pac-Man selain menampilkan jagoan baru (Ms. Pac-Man sendiri) juga memiliki beberapa jenis level dan bonus item yang bergerak. Sedangkan Super Pac-Man memperkenalkan power-up yang dapat membuat Pac-Man menjadi 2 kali lebih besar dari biasanya dan juga pertama kali mengenalkan sistem kunci dan pintu.


Layar Permainan Ms. Pac-Man (Punya Tahi Lalat Lho^^)


Super Pac-Man (Gede Banget Yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar