20 Agustus 2008

F-117A Nighthawk

Bagi para penggemar game simulasi pesawat di sekitar tahun 80an akhir atau 90an awal, pasti kenal dong dengan perusahaan game dengan nama MicroProse? Salah satu pentolan di perusahaan ini adalah Sid Meier (yang bikin seri Civilization). MicroProse ini terkenal sekali di zaman itu dengan game2-nya yang inovatif seperti Civilization tentunya, Railroad Tycoon, dan Pirates. Nah game simulasi pesawat tempur cetakan MicroProse juga lumayan banyak meliputi F-15 Strike Eagle, F-19 Stealth Fighter, dan F-117A Nighthawk ini. Game ini keluar di tahun 1991, sekaligus pas dengan momentum peristiwa agresi Iraq ke Kuwait (yang akhirnya Amrik turun tangan dengan Operation Desert Storm). Nah operasi badai gurun ini juga merupakan salah satu misi dalam game ini.


Title Screen F-117A Nighthawk


Pertama-tama begitu kita masuk game langsung dihadapkan dengan pertanyaan mengenai jenis pesawat (semacam copy-protection begitulah). Setelah itu kita mulai mendaftarkan diri sebagai pilot baru dengan pangkat letnan dua (pangkatnya bisa sampai maksimal brigadir jenderal kalo gak salah, tapi gw sendiri cuman bisa sampe mayor aja). Lalu kita boleh memilih tour of duty atau campaign mana yang akan kita ikuti (ada dari Libya, perang teluk, Desert Storm, NATO, dll).


Mr. Yudha Harus Isi Lamaran Dulu (Gak Pake Psikotes Kok)


Cobain Rasanya Perang Di Iraq Ah...


Selesai dari pilihan campaign maka kita akan diberi briefing oleh komandan. Dalam briefing ini kita diberi 2 macam tugas (primary & secondary objectives). Tugasnya tergantung pilihan kita juga, mau serangan darat atau mencegat pesawat. Ada juga misi di mana kita diminta untuk memotret instalasi rahasia musuh (gw demen banget sama misi yang model ginian, soalnya kita musti nyelinap menghindari radar musuh dan kalo ketauan wah berabe deh dikejer2 pesawat sekampung). Selesai briefing kita boleh memilih senjata untuk dimuat di pesawat kita. Senjatanya ini lumayan akurat dengan senjata yang sungguhan dipakai dalam perang (misalnya misil Sidewinder, AMRAAM, Maverick, dll).


Tugas Pertama Disuruh Hancurkan Pabrik Senjata Biologi


Pilih Senjata Dulu Ah


Setelah semua beres kita bisa mulai terbang dan menuju primary & secondary objectives kita. Nah tergantung dari pilihan jenis perang (cold war, limited war, atau conventional war) maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Kalau cold war maka sebisa mungkin kita tidak terlihat oleh radar musuh, hancurkan hanya misi utama kita, hindari kontak senjata dengan musuh lain. Kalo limited war kita boleh agak banyak menghancurkan pesawat musuh dan kalo ketauan radar musuh tidak terlalu banyak dipotong nilainya. Nah yang mau model "hajar bleh" kudu pilih conventional war. Dengan mode ini maka kita bisa bebas menghancurkan semua musuh sampai peluru kita habis.


Eng Ing Eng, Baru Ngelamar Udah Boleh Bawa Pesawat


Yang serunya juga dalam game ini kita bisa ditembak jatuh, kalau jatuh di wilayah musuh maka besar kemungkinan kita untuk menjadi tawanan perang atau kalau hoki ya paling ditebus oleh pemerintah kita (paling turun pangkat aja). Selain itu kalau performa kita bagus maka bisa diberikan medali, penghargaan inipun jumlahnya cukup banyak. Gw seh paling sering dapet purple heart karena sering kena tembak dalam tugas hehehe Overall menurut gw, game ini bagus banget bagi para penggemar game simulasi pesawat tempur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar