19 Agustus 2008

Contra

Nah setelah kita membahas emulator melulu di post2 sebelumnya maka di artikel kali ini gw akan ngebahas tentang Contra. Di Indo game ini seinget gw pernah dikenal dengan berbagai nama di antaranya Delta Force dan Super Cobra. Nama aslinya Contra malah baru gw ketahui setelah beberapa tahun kemudian. Game ini aslinya beredar di arcade pada tahun 1987 oleh Konami dengan nama Contra atau Gryzor (di Eropa dan Jepang). Versi NES-nya keluar di sekitar tahun 1988 dan dijual dengan harga yang super muahal (untuk ukuran zaman itu). Seinget gw dulu di Gajah Mada Plaza hampir semua toko elektronik pasti setel Contra ini sebagai demo di TV etalasenya (dan gw cuman bisa ngiler liatin tuh game dari luar kaca). Harganya gw masih inget banget, Rp.95.000,- (kalau dihitung dengan kurs rupiah versus US dollar tahun 1988 yang sebesar Rp.1.700,- dibandingkan sekarang yang berkisar sekitar Rp.9.200,- atau hampir 5,5x maka ekuivalen dengan Rp.522.500,-) dan itupun masih cartridge bajakan lho (yang ada tulisan Spica-nya), bukan original dari Konami!!! Padahal NES sendiri waktu itu harganya sekitar Rp.250.000,- (berarti harga game sekitar hampir 40% dari harga console-nya bok!). Gw sendiri akhirnya berhasil mendapatkan game ini dengan harga Rp.75.000,- dan itupun udah puasa gak jajan berminggu-minggu dan berjuang mendapatkan nilai bagus di ulangan umum biar nyokap mau ikut nimbrung bantu ngemodalin hehehe^^


Title Screen Versi NES


Gameplay dari Contra ini sendiri termasuk sederhana (shoot anything that moves) tapi seru banget karena merupakan salah satu game pertama yang bisa cooperative tanpa ganti giliran atau split-screen. Jadi player 1 dan player 2 barengan mainnya tapi bergerak majunya harus sinkron, kalau yang satu lompat ke depan tapi satunya lagi diem di belakang maka yg di depan gerakannya terhenti (konsekuensinya kalo nggak kompak maka player yang di depan bisa mati, tapi gw malah sering sengaja buat isengin temen hehehe). Udah gitu yang serunya lagi adalah pilihan senjatanya yang cukup banyak untuk game saat itu. Yang gw inget istilahnya R: rapid fire, L: laser, F: fire kali yak, M: machine gun, dan yang paling keren adalah S: spread gun (yang ini pelurunya bisa nyebar ke 5 arah). Raja2 musuhnya sendiri bermacam2 bentuknya, dari markas, patung, robot, alien, sampe jantung (raja terakhir). Dan satu rahasia paling penting dari game ini adalah cheat code untuk nambah nyawa dari 3 jadi 30, kuncinya: atas atas bawah bawah kiri kanan kiri kanan B A start (cheat code ini kalo gak salah juga dipake oleh Konami di game Gradius).


Stage Pertama Di Jungle


BTW untuk versi arcadenya sendiri gw malah baru kenal waktu tahun 1990. Itupun pas kebetulan ke arcade di Melawai Plaza (kadang2 bolos ekskul ngacirnya ke sana hehehe). Pas lewat masih ngga sadar kalo ada Contra arcade. Begitu udah liat title screen-nya baru sadar, langsung beli koin banyak2 (waktu itu satu koin masih Rp.100,-) dan dicoba. Stage di arcade juga agak beda dengan di NES. Kalo di NES setiap stage ada terlihat transisinya, di versi arcade ada beberapa stage yang alurnya berkesinambungan (tidak kelihatan bahwa pindah stage). Selain itu kalo di NES screen layoutnya landscape, sedangkan di arcade layoutnya portrait. Satu lagi yang beda yaitu tingkat kesulitan versi arcade lebih susah dibandingkan versi NES (soalnya di NES gw bisa tamat tanpa mati sekalipun, kalo di arcade boro2 dah, musuhnya maen keroyokan gitu).


Opening Title Versi Arcade

Gameplay Arcade (Mirip Dengan NES Yah?)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar