14 Maret 2009

Exercise Plateau

Yo guys, hari ini gw mau sharing sedikit tentang exercise & fitness nih (akhir2 ini lagi semangat ngebahas topik yang menyangkut kesehatan nih hehehe). Seperti yang pernah gw tulis di posting sebelumnya bahwa dalam 2 bulan terakhir ini gw lagi getol2nya exercise & mengatur pola makan buat nurunin berat badan. Dan di posting tersebut (tertanggal 1 Maret 2009) BMI terakhir gw adalah 30,40 (posisi tertinggi gw sekitar 33,08). Nah minggu lalu BMI gw mandeg turunnya alias bertahan (kalau gak salah di sekitar 29,75) selama sekitar 5 hari. Gw pikir, nah lho kok berhenti di segitu? Padahal gw exercise bisa dibilang tetap sama baik frekuensi maupun intensitas. Selain itu makanan juga masih tetep dijaga. What's wrong then?

Lambat Tapi Pasti:)

Mulai deh awal minggu ini gw search Internet & browsing berbagai website tentang fitness & exercise. Ketemu satu keyword yaitu exercise plateau. Rupanya kalau kita sudah berolahraga dan sudah menjadi suatu rutinitas harian selama beberapa minggu atau beberapa bulan maka secara tidak langsung metabolisme tubuh kita juga sudah terbiasa dengan rutinitas ini. Jadi kalau kita ngerasa udah olahraga (selama bukan angkat beban yah) & makan berpola sehat tapi beratnya sama aja atau bisa malah naik mungkin kita sudah mencapai titik exercise plateau ini. Salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah dengan sedikit mengacaukan rutinitas harian ini dengan alasan untuk membuat tubuh kita menebak2 pola olahraga & makan kita. Sebagai catatan bahwa selama 2 bulan terakhir ini gw olahraga selalu sama polanya (setiap hari cycling 2x @ 40 menit). Nah mulai awal minggu ini gw coba ubah menjadi 1x sehari (durasi tetap 40 menit) dan gw kombinasi dengan mulai angkat beban. Selain itu pola makan agak gw ubah, selama 3 hari nasi gw gak makan tapi daging gw tambah. Eh taunya di hari ke-3 berat gw mulai turun lagi dan kali ini cukup cepat, padahal olahraga gw kurangi tuh. Rencananya gw akan mix and match, mungkin seminggu ini gw olahraga 1x sehari dulu (sekalian biar ototnya sempet istirahat) lalu minggu depan mulai 2x sehari lagi. Begitu juga makannya gw mau ganti2 porsi karbohidrat & proteinnya. BTW seperti yang bisa diliat di screenshot di atas bahwa grafik BMI gw sempet mandeg bentar abis itu turun lagi:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar