09 Maret 2009

Macro @ Long Weekend

Halo halo semuanya. Lumayan nih hari ini rada santai, berhubung long weekend (dan lagi niat) gw gunakan kesempatan ini untuk hunting serangga di taman buat foto makro (sekalian berlatih menggunakan extension tube). Awalnya sih mau foto yang simpel2 aja kayak tanaman. Tapi ngeliat semut yang berkeliaran di pohon pisang jadi penasaran juga & keliatannya lebih menantang daripada foto bunga yang nggak bergerak. Tapi yang bikin kesel adalah cahayanya yang kurang, soalnya posisi di mana para semut ngumpul itu rada tertutup oleh daun pisang. Gelap deh jadinya, mau pake flash juga nanti malah jadi harsh banget cahayanya. Akhirnya setelah beberapa kali foto gw balik ke rumah, bete dengan hasil yang either gelap atau blur. Di dalem rumah gw liat piring bekas sarapan tadi pagi yang masih lengkap dengan remah2 roti & coklat. Selain itu terlihat beberapa lalat berterbangan di luar. Hmmm, you know what I was thinking, right?

1/4s, f/5.6, ISO 200

Gw taburin remah2 roti & 1 butir coklat ke meja di luar. Pasang tripod, bidik ke arah umpan, setel kamera, & tongkrongin (harap2 ada lalat yang mendarat, tinggal dijepret deh). Setelah beberapa menit (sambil berusaha menggiring lalat2 ke arah umpan), akhirnya ada seekor yang mendarat. Pake acara malu2 pula nggak mau langsung sikat tuh coklat (mungkin sadar ada paparazzi yang mengintai kali yah). Anyway, tanpa menyia2kan kesempatan gw jepret sebanyak2nya tuh lalat, soalnya setiap kali jepret suka gerak2 melulu sih. Dan setelah beberapa menit, nempel juga tuh lalat di atas coklat yang ukurannya hampir sama dengan badannya. Wah seru juga yah makan coklat segede badan, gw juga mau deh:P Anyway, today hunting is very satisfying. Akhirnya gw bisa punya hasil foto makro sendiri yang cukup jelas kualitas gambarnya:)

Lalat Makan Coklat Segede Badannya (0.7s, f/8, ISO 200)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar