02 Februari 2009

Windows 7 Beta

Hari Sabtu yang lalu gw coba download Windows 7 Beta yang memakan waktu sekitar 10 jam lebih (download size hampir 2,5 GB & untungnya Internet di rumah pake FastNet hehehe). Start download jam 7 malem & gw tinggal sampe Minggu pagi jam 6 (pas bangun) ternyata udah kelar. Langsung deh gw burn ke DVD & gw coba install di PC bulukan yang umurnya udah 4 tahun lebih. Sebagai catatan, kompie yang satu ini tadinya terinstall Vista. Tadinya gw pikir proses instalasi Windows 7 ini akan memakan waktu yang lama & akan bikin kompie ini makin lemot. Ternyata instalasi cuma memakan waktu sekitar 40 menitan (lebih cepet daripada install Vista dulu!). Udah gitu ngga banyak pertanyaan sewaktu instalasi (gak kayak Vista yang rada bawel).

Screenshot Instalasi Windows 7 Beta

Waktu boot pertama kali yang paling terasa adalah speed startup dan shutdown Windows 7 ini lebih cepat sekitar 25% (feeling sih) dari Vista. Pertama gw pikir mungkin karena belum ada software yang terinstall. Berikutnya gw install semua software yang biasa gw pake & trus gw jalankan Windows Update. Ternyata startup & shutdown masih tetep kenceng juga. Dan yang canggihnya nih, proses transfer data via network ternyata jauh lebih kenceng dibanding Vista. Gw dulu kalo transfer seluruh data gw (sekitar 80 GB) makan waktu hampir 3 jam, tapi kali ini cuma 1,5 jam! Gw lumayan terpesona juga, padahal masih beta loh:)

Tampilan Utama Windows 7 Beta (Dengan Aero Peek)

Nah apa bedanya Vista sama Windows 7? Kalau dilihat pertama kali sih mirip2 aja. Tapi ada yang aneh nih, kok icon di taskbar segede bagong yah (gak papa sih, bisa dikecilin kok). Trus di sisi kanan bawah tempat icon2 bersarang, kali ini lebih rapi (dikelompokkan sesuai jenisnya). Di paling pojok kanan bawah ada tombol untuk mengaktifkan Aero Peek. Aero Peek ini adalah fungsi untuk melihat di desktop kita ada windows apa saja yang masih aktif. Kadang2 kan ada program yang meskipun jalan tapi ngga keliatan namanya di taskbar, nah dengan Aero Peek ini bisa keliatan (efeknya keren juga, liat di screenshot di atas). Control Panel & Windows Explorer juga lebih streamlined, ngga seribet Vista. Kalo Internet Explorer 8 sih mirip2 aja sama versi 7, lagipula gw sekarang pakenya Firefox ini. Menurut gw, Windows 7 ini adalah yang seharusnya di-release oleh Microsoft saat peluncuran Windows Vista dulu. Gw sendiri agak kaget juga ngeliat versi beta yang udah bisa dibilang stabil ini (Microsoft kan biasanya kan keluarin produk beta banyak bugs-nya). Sementara ini dulu yg bisa gw tulis, nanti kalo ada perkembangan berikutnya gw ulas lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar