22 Februari 2009

Macro Photography

Dari sejak gw beli kamera (Canon EOS 50D) waktu Lebaran tahun lalu gw sempet nyoba2 foto makro beberapa kali. Tadinya gw pikir dengan lensa (EF 24-105mm F/4.0L IS USM) yang biasa gw pake bisa mendapatkan hasil yang bagus, tapi ternyata udah gw zoom sampe sedeket mungkin masih aja kurang bagus. Sampai suatu hari gw search di Google tentang teknik foto makro. Rupanya lensa non-makro itu magnification-nya hanya 1:4 (gambar yang tercetak di film hanya 1/4 ukuran obyek sesungguhnya), sedangkan lensa makro memiliki magnification 1:1 (gambar di film sama ukurannya dengan obyek sesungguhnya).

Diameter Jeruk Ini Hanya Sekitar 1 Sentimeter

Setelah gw liat review dan perbandingan berbagai lensa makro akhirnya minggu lalu gw beli lensa EF 100mm F/2.8 Macro USM (yang L Series muahal banget bok!). Sepulangnya gw di rumah langsung tes foto beberapa obyek yang ukurannya kecil dari kancing baju sampe cincin. Nggak puas dengan hasil yang buram (ternyata seberapa stabilnya genggaman gw, goyangan seringan apapun membuat fokus jadi meleset terus) keesokan harinya gw langsung pesen tripod. Tripod yang gw pake juga yang standar dulu, Velbon Sherpa 750R.

Entah Ini Namanya Daun Apa Tapi Yang Pasti Kecil Banget

Nah dengan adanya tripod akhirnya gw bisa dapatkan hasil yang jelas & bebas getaran. Obyek berikutnya yang gw incar adalah serangga. Ternyata foto serangga itu susah banget, apalagi tanpa wireless flash trigger. Keliatannya lensa 100mm kurang cocok untuk serangga yang selalu bergerak seperti semut & lalat. Well, at least gw udah tau nanti kalo ultah mau minta hadiah apa (EF 180mm f/3.5L Macro USM please^^). Jadi sampai Agustus nanti gw harus puas dengan foto bekicot atau sejenisnya hehehe

Tiada Obyek Tusuk Gigi Pun Jadi:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar