21 September 2008

Civilization

Civilization... Game yang dikenal baik oleh gamer generasi dulu maupun generasi sekarang. Game ini pertama kali dibuat di tahun 1991 oleh salah satu dewa game yaitu Sid Meier. Hingga saat ini Civilization telah dibuat hingga lebih dari 4 sekuel (yang terbaru adalah Civilization Revolution untuk versi console seperti Xbox 360 & PS3 yang dibuat tahun 2008).


Opening Title Screen

Gameplay Civilization ini modelnya adalah turn-based strategy (jadi bukan real-time). Timeline dalam game ini dimulai pada tahun 4000BC. Tujuan akhir game ini ada beberapa kondisi antara lain hancurkan musuh lain atau menjadi orang pertama yang berhasil melakukan ekspedisi ke Alpha Centauri (tata surya paling dekat dengan solar system). Di dalam game ini banyak sekali aspek yang dapat kita atur antara lain ekonomi, militer, diplomasi, riset ilmu, serta pengembangan wilayah kita. Sewaktu mulai bermain kita hanya memiliki unit settler (diterjemahkan artinya adalah pemukim) yang tujuannya hanya bisa membentuk kota baru. Dari kota tersebut kita mulai membuat tentara untuk menjelajahi wilayah yang masih gelap (ada fog of war) dan menemukan kota2 yang baru.


Tampilan Utama Civilization

Aspek yang menarik dari game ini adalah riset ilmu. Dengan riset ini kita bisa memilih pengetahuan apa yang ingin kita kembangkan. Pilihannya berkisar dari Alphabet, Wheel, Bronze Working hingga Nuclear Fission & Spaceflight. Seiring dengan makin berkembangnya pengetahuan kita maka option dalam permainan akan semakin banyak (misalnya dengan mengetahui Bronze Working maka kita dapat membuat pasukan yang lebih kuat). Kita juga bisa membangun 7 keajaiban dunia yang masing2 membawa nilai plus berbeda bagi negara kita. Di samping itu, kita juga dapat meningkatkan kualitas dari kota kita dengan mengadakan irigasi, membuat jalan, dsb. Game ini terkenal dengan daya tariknya yang membuat kita selalu berkata "one more turn" maksudnya satu putaran lagi karena selalu ada hal baru yang kita nanti2-kan sehingga ujung2nya kita tidak bisa berhenti bermain.


Penemuan Huruf Pertama Kalinya^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar