07 September 2008

Ultima IV: Quest of the Avatar

Udah seminggu gw gak sempet review any game gara2 kerjaan kantor yang super numpuk. Kali ini gw bahas tentang Ultima episode ke-4. Alasan gw bahas episode ini karena merupakan game Ultima yang pertama kali gw mainkan. Ultima di-design oleh Richard Garriott (game dalam franchise ini yang terkenal hingga sekarang adalah Ultima Online) dan merupakan salah satu game andalan Origin Systems di sekitar tahun 80 hingga awal 90-an. Episode 4 ini pertama di-release pada tahun 1985 di komputer Apple. Gw sendiri main game ini di komputer Apple pada tahun 1986 (waktu itu masih sama sekali ngga ngerti cara mainnya).


Opening Screen Ultima IV


Tujuan akhir kita dalam game ini adalah mendapatkan buku pengetahuan yang disebut Codex of Ultimate Wisdom. Kita dapat membuat karakter dalam game ini sesuai dengan nilai2 kemanusiaan yang kita pilih antara lain Honesty (kejujuran), Compassion (cinta sesama), Valor (keberanian), Justice (keadilan), Sacrifice (pengorbanan), Honor (kehormatan), Spirituality (keagamaan), dan Humility (kerendahan hati). Pilihan gw sendiri sih biasanya condong ke arah humility.


Character Creation Screen


Tampilan grafis game ini sangat sederhana, bahkan untuk ukuran tahun 80-an sekalipun. View game ini dilihat dari atas dan gerakan kita terbatas pada 4 arah mata angin (tidak bisa diagonal). Begitupun kalau kita masuk ke kota maupun dalam pertempuran, semua gerakan dalam game ini bersifat turn-based. Perintah yang bisa kita input ada 26 perintah (sejumlah huruf alfabet dari A-Z). Misalnya kita hendak membuka pintu menggunakan tombol O (Open), serang dengan A (Attack), keluar dengan X (Xit, rada maksa yah?), melihat status kita dengan Z (Ztatus, kalo yang ini sih maksa banget). Salah satu keunikan game ini adalah magic, di mana kita harus membeli bahan2 (antara lain ginseng, garlic, dll) untuk meramu dan kita harus mengingat mantera2 dengan bahasa Ultima.


Tampilan Utama Dalam Game


Combat Screen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar