28 September 2008

Hillsfar

Kali ini gw akan membahas salah satu game Advanced Dungeons & Dragons (AD&D) yang termasuk cukup populer di tahun 80-an yaitu Hillsfar. Kawan2 yang termasuk dalam kategori gamer zaman dulu pasti kenal dengan AD&D dong. Kalau bagi para gamer yang lebih modern mungkin mengenali AD&D dari seri Baldur's Gate atau Neverwinter Nights. Hillsfar ini dibuat di tahun 1989 oleh Strategic Simulations, Inc (SSI) dan dikeluarkan dalam beberapa versi antara lain DOS, Atari ST, & Commodore 64.


Opening Title Hillsfar


Gameplay dalam game ini cukup menarik untuk zaman 80-an karena tidak linear (tidak harus mengikuti alur yang sudah ditentukan). Kita memulai game dengan membuat karakter lengkap dengan statistiknya seperti kekuatan, kepintaran, kelincahan, dsb. Perbedaan utama game ini dengan game AD&D lainnya adalah di Hillsfar kita hanya memiliki 1 karakter (tidak seperti di Baldur's Gate yang bisa memiliki hingga 6 karakter). Setelah itu kita bebas menjelajahi berbagai kota dalam setting AD&D dengan Hillsfar sebagai kota utamanya.


Peta Kota Hillsfar


Di dalam kota kita bisa melakukan banyak hal antara lain bertarung di arena, ikut lomba memanah, memasuki rumah2 untuk mencuri, dll. Di samping hal2 tersebut yang menjadi tujuan utama kita adalah menyelesaikan misi yang diberikan oleh perkumpulan jagoan (job kita menentukan jenis misi yang kita dapatkan, misalnya misi penyihir berbeda dengan misi pencuri). Kalo kasus gw sih seringnya mati di arena karena sering tertangkap waktu mencuri di rumah2 dan hukumannya dijebloskan ke arena. Tapi secara keseluruhan gw sangat enjoy memainkan game ini.


Tampilan Dalam Kota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar