19 September 2008

SCUMMVM (Emulator Buat LucasArts)

SCUMMVM merupakan emulator untuk memainkan game2 buatan LucasArts (itu loh, perusahaannya Oom George Lucas) seperti Indiana Jones dan Monkey Island. SCUMM sendiri merupakan singkatan dari Script Creation Utility for Maniac Mansion, suatu gabungan antara game engine dengan scripting language. Maniac Mansion sendiri merupakan salah satu game pertama yang dibuat oleh LucasArts di tahun 1987. Jadi SCUMMVM adalah suatu virtual engine untuk menjalankan game2 yang dibuat dengan SCUMM.


Tampilan Utama SCUMMVM

Game2 SCUMM yang terkenal antara lain Maniac Mansion, Loom, Indiana Jones, Monkey Island, Day of the Tentacle, Sam & Max, Full Throttle, & The Dig (satu2-nya game yang dibuat oleh Steven Spielberg). Selain game SCUMM, SCUMMVM juga dapat menjalankan game lama Sierra yang dibuat dengan bahasa pemrograman AGI (Adventure Game Interpreter) seperti King's Quest, Police Quest, dan Space Quest. SCUMMVM sudah di-port ke berbagai platform antara lain Windows, Mac OS X, Linux, hingga Sony PSP (baca beberapa posting sebelumnya) & Nintendo Wii!


Opening Screen Monkey Island

SCUMMVM sendiri dapat di-download di sini. Cara menginstalnya pun tidak sulit. Cukup jalankan program Setup, klik Next Next Next sampai selesai. Setelah itu tentunya kita membutuhkan file2 game yang ingin dimainkan. File2 tersebut kita taruh di folder (satu folder per game) dan di menu SCUMMVM kita pilih Add Game lalu point file location ke folder yang telah kita buat tadi.


Gameplay Screen Indiana Jones

Tidak ada komentar:

Posting Komentar