16 November 2008

Metal Gear

Metal Gear! Salah satu game favorit gw waktu jaman SMP. Sebetulnya sih game ini dikeluarkan sejak tahun 1987 (pertama kali di komputer MSX) dan gw baru main di tahun 1989 (setelah keluar versi NES). Satu aspek yang paling menarik dari game ini (dan yang masih dipertahankan hingga Metal Gear Solid 4 yang terbaru) adalah kalau game action jaman dulu rata2 tujuannya hanya untuk menembak semua musuh yang ada di layar sedangkan di Metal Gear ini justru kita harus sebisa mungkin menghindar dari musuh. Menurut Hideo Kojima, pembuat game ini, hal tersebut dikarenakan waktu itu dia tidak dapat menampilkan banyak musuh dalam 1 layar karena keterbatasan memori MSX.


Title Screen Metal Gear Versi NES

Tujuan dari game ini adalah menghancurkan Metal Gear yaitu sejenis tank yang dapat menembakkan nuklir. Karakter kita dalam game ini adalah Solid Snake (pasti kenal nama ini dong?). Dalam Metal Gear ini Solid Snake merupakan rookie (pemula) yang dikirim dalam misi pertamanya dan dipandu oleh Big Boss (kalau pernah main Metal Gear Solid pasti taulah). Gameplay-nya sendiri merupakan campuran antara James Bond dan Rambo. Yang jelas game ini merupakan salah satu game pertama yang memiliki twist ending (akhir yang tidak tertebak).


Ciri Khas Tanda "!" Untuk Menandakan Alert

Salah satu ciri khas dari game Metal Gear adalah tanda "!" yang menandakan bahwa posisi kita telah diketahui musuh dan kita harus melarikan diri dari pandangan musuh atau membunuh musuh tersebut. Sarana komunikasi yang digunakan untuk berhubungan dengan Big Boss atau rekan2 kita yang lain juga masih termasuk primitif yaitu dengan menggunakan radio SSB (kalau di Metal Gear Solid sudah menggunakan codec yang ditanam dalam telinga Solid Snake). Overall, game ini bisa dikatakan sebagai salah satu game terbaik untuk NES. Bahkan Guiness Book of Record saja mengakui bahwa game ini sebagai pionir genre stealth game.


Radio Komunikasi Jaman Dulu (Sekarang Sih Pake Codec)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar