17 Agustus 2008

MAME (Emulator Buat Arcade)

Hmmm arcade... atau waktu dulu populer disebut "dingdong". Gw sendiri gak tau dari mana istilah tersebut muncul (mungkin arcade jaman dulu bunyinya ding-ding dan dong-dong kali). Dingdong ini merupakan sumber pengaruh minat gw terhadap game sampai sekarang ini. Gw masih inget banget pertama kali gw liat dingdong kalo gak salah Space Invaders. Dengan gambar yang masih monochrome dan gameplay yang sangat simple (tembak semua yang bergerak dan hindari peluru musuh) gw sampai banyak banget ngabisin koin jigoan (25 rupiah), gak heranlah wong perbankan Jepang saja sampai perlu mencetak tambahan koin 100 yen berhubung mereka kehabisan koin gara2 Space Invaders. Selain itu Shigeru Miyamoto (pentolan utama Nintendo, pembuat Mario & Zelda) aja sampai tertarik masuk ke bisnis videogame karena Space Invaders. Jadi bisa kita bayangkan dunia videogame saat ini pasti akan sangat berbeda kalau Space Invaders tidak pernah eksis. BTW tujuan utama main game ini gw waktu dulu hanyalah ngedapetin high-scorenya (padahal nggak tulis nama, tapi happy aja kalau bisa masuk dalam high-score). Bahkan kalo gak salah Space Invaders ini juga merupakan game arcade pertama yang menerapkan sistem high-score.

Kembali ke topik utama... MAME. Kok namanya lucu yah? MAME itu sendiri singkatan dari Multiple Arcade Machine Emulator. Bisa ditebak dari namanya bahwa emulator ini meng-emulasi sejumlah mesin dingdong. MAME ini sendiri sudah mulai di-develop sejak tahun 1997 (gw sendiri tahu tentang ini sejak 1998 dari temen bule sekelas gw waktu kuliah dulu dan gw akui inilah cikal-bakal gw mengikuti info perkembangan tentang emulator). Sampai dengan saat ini MAME telah berhasil meng-emulasi sekitar hampir 4000 arcade! MAME sendiri dapat di-download di http://www.mamedev.org/ namun ROM (game sesungguhnya) tidak bisa di-download secara legal kecuali kawan2 memiliki software aslinya secara legal. Berikut di bawah ini gw sertakan screenshot dari MAME.


Screenshot Aplikasi MAME

Ada yang masih inget game ini gak yah?:)

3 komentar:

  1. sedang sunyi maen game emulator arcade / dingdong game sendirian bosen mending maen online aj

    pake kailera server

    kaiera server adalh server untuk maniak game retro fighting seperti marvel vs capcom and dll

    cara setting


    1 download kawaks versi 1.52

    2 download hamachi yg unmanaged

    3 jalanin hamchi klik tombol power

    4 klick network >>>> join an existing network

    5 masukin
    Network id : arcade gaming++ (no spasi ++nya )
    password : 123

    6 connect dah

    7 cara maen buka kawaks loe klik file >>> start netplay

    8 masukin user name agan

    9 klik enter ip masukin ip yg wa punya 5.122.155.139

    10 connect dah ke server kaillera

    11. untuk bikin room create new game

    12. ikut kilk game room yg udah dibikin / join

    BalasHapus
  2. gan kok habis dimasukkan ip address nya ga connect2,cm conecting trs...gmn cara mainnya,apa hrs download lg ROM game nya?

    BalasHapus
  3. Ya iyalah itu gamenya 1942 revision B n masih banyak lagi game lainnya dari A - Z. gue udah punya hampir 600 roms permainan n gue pake software MAMEUIFX32 Ver 1.44

    BalasHapus