08 Mei 2011

Berbagi Informasi Tentang Penulisan Naskah Film

Yo guys, berhubung gw barusan menyelesaikan naskah gw yg kedua maka gw pengen berbagi pengalaman (meskipun belum banyak) tentang proses penulisan naskah film. Berikut ini gw list daftar website yang menurut gw sangat banyak membantu dalam proses penulisan screenplay:
- The Script Lab: website yang bersifat umum tentang screenplay.
- Script-o-rama: di sini bisa download berbagai script dari film2 blockbuster Hollywood.
- Celtx: aplikasi open-source (gratis) yang menurut gw paling bagus untuk membantu proses pre-production & penulisan naskah.
- Script Doctor Eric: script doctor yang menawarkan jasa (gw sendiri udah pernah pake jasa dia & menurut gw sangat profesional & nasihat yg diberikan sangat konstruktif).
- John August: screenwriter Charlie's Angels yang banyak memberikan tips & tricks di blognya.
- Ashley Meyers: blog yang memberikan banyak tips bagus bagi yang mau menjual naskah ke Hollywood.

Moga2 link2 di atas bisa membantu teman2 sesama penulis pemula. Gw sendiri sebetulnya lagi nyari website ekuivalen seperti di atas ini tapi yg versi Indo, tapi gak pernah nemu2. Kalaupun ada, udah jarang diupdate isinya. Kalau ada yang tau, bagi2 info yah. Thanks;)

PS: bagi yg berminat baca sample script gw bisa diakses di sini.

4 komentar:

  1. It's my first time reading a script! Super love the details and I can picture everything while reading it and of course, Mark (in my head) is some super hot actor regardless of the OCD and unusual face ;p
    The story is interesting and I love the "dad part" so "awww, so sweet".
    Oh, I like the whole high school scenes, prom, having a crush, awkward moments =) nostalgic hihi
    Jempol d sample scriptnya! =)
    JenJunus

    BalasHapus
  2. Hehehe ntar mungkin gw bikin script ini jadi komik aja yah:P

    BalasHapus
  3. Iya, hihi btw, ni crtnya nanti kek gmna? action sci-fi yg ini kah?
    JenJ

    BalasHapus
  4. Bukan kok, yg ini romance drama.
    Kalo action sci-fi yg entry di ats ini (Project U) hehehe

    BalasHapus