02 April 2009

Stop Taking Things for Granted

Ada pepatah yang mengatakan "never take things for granted" atau yang kalau diterjemahkan kira2 artinya adalah "jangan menerima segala sesuatunya begitu saja". Sepintas tampaknya kalimat ini sangat sederhana tetapi kalau dipikir2 lagi memiliki makna yang dalam dan bisa kita refleksikan dalam kehidupan kita sehari2. Coba kita perhatikan beberapa kalimat berikut ini:

- Never take friend for granted:
Mungkin ini terjadi tanpa kita menyadarinya. Kalau kita ingat2 di masa lalu mungkin banyak sekali teman2 dekat kita yang saat ini sudah lost contact. Mungkin dulu termasuk sohib sehidup semati tapi saat ini tidak pernah berhubungan lagi. Persahabatan sampai kapanpun juga butuh untuk tetap dipelihara agar tidak luntur.

- Never take wealth for granted:
Ini sering sekali terjadi. Seberapapun banyaknya kekayaan kita tapi kalau kita tidak pernah mengaturnya dengan bijaksana ya lambat laun tentu akan habis juga. Tidak heran kalau ada orang yang kaya-raya tapi baru 1 generasi saja sudah ludes semua hartanya karena tidak mau atau tidak mengerti mengaturnya.

- Never take love for granted:
Seringkali kita dengar tentang cinta sejati atau mencintai seseorang hingga akhir hayat. Jadi jangan berpikir bahwa karena seseorang pernah mengucapkan hal ini ke kita maka kita bebas melakukan apa saja yang kita mau. Menurut gw cinta sejati 100% itu mungkin bisa dibilang tidak ada. Cinta itu bersifat timbal-balik, jadi kalau hanya satu pihak yang terus-menerus memberikan cinta tapi tidak pernah dibalas (atau bahkan lebih parah, malah dibalas dengan jahat) tentu pada akhirnya cinta itu akan hilang (meskipun tingkat kelunturannya berbeda antara setiap orang, dari yang sangat sabar hingga yang tidak sabaran). Mungkin cinta sejati 100% itu hanya ada di novel2 saja, itupun kita tidak tahu ending sesungguhnya bagaimana karena novel kan hanya meliputi sebagian kecil dari keseluruhan kehidupan tokoh2 di dalamnya.

- Never take life for granted:
Ini dia yang paling sering dilupakan orang2. Dan pada saat mereka menyadarinya biasanya sudah terlambat. Orang2 cenderung untuk melupakan bahwa untuk hidup yang bermakna membutuhkan usaha. Apalagi di era sekarang di mana penyakit macem diabetes atau kolesterol menjadi pembunuh terbesar di usia muda. Biasanya kalo udah sakit atau diopname baru deh inget (tapi setelah sembuh balik ke kebiasaan lama lagi hahaha). Makan sehat dan olahraga teratur menjadi gaya hidup yang perlu ditularkan ke semua orang di masa kini (ada pesan sponsor deh hehehe).

Jadi pada dasarnya, stop taking things for granted.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar