13 April 2009

Pedometer

Minggu ini berhubung gw lagi di Perth & cuaca di sini lagi enak2nya, gw coba untuk mengubah rutinitas olahraga gw yang tiap harinya sepeda statis ke jalan kaki. Lumayan juga nih di sini gw udah 3 hari jalan kaki sekitar 1 jam lebih tiap kalinya. Dan karena iklim di sini yang kering (ngga kayak Jakarta yang lembab) dan musim gugur (kalau pagi suhunya sekitar 22-24 derajat Celcius) jadi ngga bikin kita keringetan. Awalnya rada aneh juga sih rasanya kok udah jalan 1 jam lebih belum berkeringat, padahal kalau di Jakarta mungkin baru jalan 10 menitan udah mulai lengket tuh baju. Jadinya hari pertama gw kayak ngga berasa olahraga karena hampir gak keluar keringat!

Lumayanlah > 7000 Langkah:)

Kemudian gw juga sempet browsing mengenai jalan kaki yang sehat. Ternyata banyak artikel yang mengatakan bahwa sebaiknya kalau bisa kita berjalan kaki sedikitnya 6000-7000 langkah setiap harinya dan kalau bisa 10000 langkah. Untuk menghitung langkah kita bisa menggunakan alat khusus yaitu pedometer. Pedometer ini bentuknya sangat kecil (sekitar 1/4 ukuran pager) dan kita pasang di celana atau di ikat pinggang. Setelah 2 hari menggunakan pedometer gw ketahui rata2 sehari kalau di Perth gw berjalan kaki sekitar 7000-8000 langkah. Kalau di Jakarta mungkin bisa2 cuma 3000 langkah per hari (banyakan desk job soalnya) tapi kan digantikan dengan sepeda statis *alasan hehehe*. Kalian sendiri berjalan berapa langkah tiap harinya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar